Mod Style

Mod Style

Mod style pertama kali dikenal era tahun 60an. Gaya ini terinspirasi oleh sebuah subculture di Inggris yang terbentuk berdasarkan aliran musik. Kata Mod sendiri diambil dari kata modernist yang seringkali diartikan terhadap apapun yang populer, fashionable dan modern. Gaya mod sebenarnya merupakan perpaduan antara Italian dan French style. Mod culture tidak bisa dipisahkan dari fashion dan musik, dan juga scooters

 http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02510/modsweb_2510956b.jpg

Mod fashion banyak terinspirasi dari pop-art seperti geometric pattern dengan warna-warna bold. Mereka pun sering mengadaptasi logo-logo seperti simple logo abstrak dengan arrows dan dots, atau bahkan street signs bisa juga menjadi motif mod fashion. Jiwa patriotisme anak muda Inggris pada tahun 60an tercermin pada logo Union Jack, british air force symbol serta patches air force medallion pada military shirt ataupun turtleneck sweater mereka. Selain itu gingham, paisley, polkadot, dan tartan juga menjadi 'must-have' fabric list untuk mod fashion kala itu.

 https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/25/07/eb/2507eb965599cd021f624fb1246cad36.jpg


Carnaby Street dan Kings Road adalah distrik mod fashion yang terkenal di London, Inggris. Ben Sherman, Fred Perry, Harrington, Merc, Levi's, Mary Quant merupakan beberapa label fashion disana yang sering didatangi band-band mod seperti The Who, Small Faces, The Beatles, Rolling Stones, The Kinks, dsb. Bahkan band-band seperti Oasis, Ocean Colour Scene dan Blur (yang juga menandakan 'kembalinya' mod style pada era 90an) selalu menyempatkan diri datang ke distrik itu di tengah jadwal konser mereka.


Mod style is classic and lasting. Coba saja gaya Mod untuk pria : tailor-made Italian suits, mohair clothes, thin tie, button down collar shirt, long sleeved polo shirt, wool and cashmere jumper, military jacket, tight-fitting shirt, fishtail parka, slim fitting blazer, winklepickers shoes ( pointed-toe leather shoes ), Beatle boots, Clarks desert boots dan dipadukan dengan gaya rambut ala French look. Awesome !

 https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/52/07/f1/5207f18778c777ecd853163633b18c46.jpg

http://41.media.tumblr.com/8e344b06a0d58f3d3e8c6866e16c9c46/tumblr_ngfz7dFrhN1u5zo7qo1_500.jpg


Gaya mod tak kalah digandrungi oleh para wanita. Thanks to Mary Quant, seorang designer wanita asal Inggris yang mempopulerkan short mini-skirt pada pertengahan tahun 60an. Rancangannya berupa mini dresses, mini skirt, dan hotpants (even shorter) yang dipadukan dengan pemakaian coloured and patterned tights mewarnai trend berpakaian para wanita saat itu. Flat boots juga sangat cantik dipadankan dengan 'very' short dresses. Selain rok sangat mini ala Quant, female mod teridentifikasi dengan gaya androgyny look : men's trousers, men's shirts (boyfriend's stuff) dan potongan rambut pendek serta make up pale layaknya Twiggy ( skinny model yang menjadi female role model era 60an ).

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/11/a4/b9/11a4b97f0978508d9a207de19cb6cca1.jpg


Selain musik dan fashion, scooters merupakan 'aksesoris' wajib para mods. Scooters yang bergaya Italia ini seringkali didandani sesuai taste para mods, extra chrome, wing mirror, bahkan fur dan radio transistor! Tak hanya itu, para mods selalu memakai parka (sejenis jaket tebal bergaya army) ketika ber-scooters untuk menjaga suit ala mod style mereka agar tetap rapih dan bersih. Everything just had to be neat and stylish, begitu kira-kira prinsipnya.


Mod fashion memang tidak ada matinya. Setelah hampir lebih dari setengah abad, gaya ini selalu bertahan dan bahkan berkembang dari waktu ke waktu. Kebanyakan dari para mods, yang bisa berarti orang tua kita (remaja era 60an), tetap menggemari gaya ini dan menurunkannya ke anak mereka. Mod fashion memang tidak hanya sekedar gaya hidup, ia merupakan sebuah pergerakan yang menyatukan antara, seni, musik, design, film dan scooters pada saat bersamaan. Mod fashion berasal dari street-style bukan hasil dari rancangan designers. Ketika mendengar kata mod, yang pertama terlintas adalah sekumpulan anak muda dengan 'clean cut stylish clothes' yang mengendarai scooters. 

Ada banyak sekali cara untuk berpakaian ala mod style. Namun jangan lupa asal kata mod yang berarti 'modern'. So think minimal, streamlined and bold to dress mod

Komentar

Postingan populer dari blog ini

18 Jenis Gaya Fashion Masa Kini

Kota Dengan Desain Arsitektur Terindah Di Dunia

A Rose for Emily